PROGRAM INTERNASIONAL IPB GOES TO FIELD 2018 DI KABUPATEN TEGAL

DSC_7219

Penerimaan Mahasiswa IPB dan Mahasiswa Jepang yang tergabung dalam SUIJI (Six University Initiative Japan Indonesia) dilaksanakan pada hari Senin, 26 Februari 2018 di Gedung Dadali Pemda Kabupaten Tegal. Program ini berlangsung mulai tanggal 26 Februari 2018 s.d. 12 Maret 2018 di beberapa desa di Kecamatan Bojong diantaranya Desa Bojong, Desa Karangmulya, Desa Tuwel dan Desa Suniarsih yang diikuti oleh 15 Mahasiswa IPB dan Mahasiswa Jepang. 

DSC_7212

Dalam Penerimaan IGTF tersebut dihadiri pula oleh Perwakilan LPPM IPB Bogor Ir. Yannevri Bakhtiar,M.Si, PJS Bupati Tegal Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM dan  Ir. Suharmanto Kepala BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Tegal,   Para Kepala Desa.

SUIJI-Service Learning Program (SUIJI-SLP) adalah salah satu program yang mengajak mahasiswa untuk belajar melayani masyarakat dengan melihat, mendengar, dan merasakan langsung bagaimana kehidupan masyarakat.

Program IPB Goes to Field (IGTF) merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM) IPB. Adapun pelaksana program ini adalah mahasiswa IPB dari berbagai fakultas yang telah mengikuti seleksi peserta IGTF. Dalam kegiatan ini, mahasiswa terjun langsung di lapangan untuk bisa membantu petani dengan mensosialisasikan inovasi IPB dalam menghadapi kendala yang ada di daerahnya. SUIJI sendiri adalah kegiatan yang yang dilaksanakan oleh IPB dalam bentuk program kerjasama IPB dengan 2 Universitas di Indonesia (UGM dan UNHAS) dan 3 Universitas di Jepang (Kagawa University, Ehime University, dan Kochi University) dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Sustainable Agriculture”. Dalam kegiatan IGTF ini tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa IPB sendiri namun juga diikuti oleh para mahasiswa dari Jepang yang tergabung dalam program SUIJI. Sehingga diharapkan dalam kegiatan ini dapat saling memperat kerjasama antara Indonesia dengan Jepang dalam bidang Pendidikan dan memberikan pelatihan dan inovasi lainnya dalam bidang pertanian kepada para petani daerah pedesaan agar hasil pertanian dapat produktif dan memberikan kesejahteraan bagi petani itu sendiri.