MUSRENBANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018

 IMG_20180328_123131

Rabu-Kamis, 28-29 Maret 2018 dilaksanakan acara MUSRENBANG (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kabupaten Tegal yang diselenggarakan di Taman Rakyat Slawi Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dr Widodo Joko Mulyono, M.Kes, MM dan seluruh SKPD Kabupaten Tegal. Dengan narasumber yaitu Dr. Abdul Fikri Faqih, MM (Wakil Ketua Komisi X DPR RI) dan Drs. Drajat Wisnu Setyawan, MM (Dirjend. Dukcapil Kemendagri. Dengan pembahasan diskusi isu strategis pembangunan Tahun 2019 dan permasalahan kependudukan. Selain diskusi yang melibatkan masyarakat dan para SKPD Kabupaten Tegal. MUSRENBANG Kabupaten Tegal Tahun 2018 juga dimeriahkan dengan stand-stand kreatif dari seluruh SKPD Kabupaten Tegal dan para aktivis...

Selengkapnya

KOORDINASI PERSIAPAN MUSRENBANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018

IMG_20180321_103803

Rabu, 21 Maret 2018 dilaksanakan rapat koordinasi persiapan kegiatan MUSRENBANG Kabupaten Tegal Tahun 2018. Dalam hal ini peserta dari SKPD Kabupaten Tegal. Dihadiri oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Penganggaran Program M. Faried Wajdy, S.Sos, M.Si. dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Drs. Akhmad Uwes Qoroni, M.T. BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Tegal sebagai narasumber yang menjelaskan persiapan musrenbang yang akan dilaksanakan pada tanggal 28-29 April 2018 di Taman Rakyat Slawi.

IMG_20180321_103843

Tidak hanya menjelaskan mengenai materi apa saja yang harus dipersiapkan namun juga susunan acara yang diikuti oleh para peserta...

Selengkapnya

BLANKO PENGAJUAN PERUNTUKAN RUANG

Izin Pemanfaatan Ruang (IPR) adalah izin yang wajib dimiliki oleh orang perorangan atau badan yang akan melaksanakan pembangunan bangunan dalam rangka memberi kepastian hukum mengenai lokasi yang akan dilakukan pembangunan sebelum mengajukan izin mendirikan bangunan (IMB).
-IPR dapat diberikan jika terhadap lokasi yang dimohon/diminta ada kesesuaian dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan.
-IPR diberikan oleh walikota atau pejabat yang ditunjuk.
-IPR berlaku selama lokasi tersebut dipakai sesuai dengan pemanfaatannya dan tidak bertentangan dengan kepentingan umum.
-setelah IPR diperoleh, untuk bangunan berbentuk komplek (lebih dari 3 bangunan) atau bangunan non rumah tinggal, baik perorangan atau badan hukum wajib membuat rencana tapak (site plan) yang disahkan oleh walikota ...

Selengkapnya

RKPD Tahun 2018

Penyusunan RKPD Menurut Permendagri 54 Tahun 2010

RKPD adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah, yaitu dokumen perencanaan daerah untuk  periode 1 tahun. RKPD disusun UNTUK MENJAMIN keterkaitan dan konsistensi antara: 1. perencanaan,  2. penganggaran, 3. pelaksanaan, dan 4. pengawasan. RKPD ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah. RKPD harus menjadi dasar penyusunan KUA dan PPAS serta LKPj, LPPD, dan ILPPD.

RKPD memuat: 1). Rancangan kerangka ekonomi daerah, 2). Program prioritas pembangunan daerah, dan 3). Rencana kerja yang terukur, pendanaan dan prakiraan maju. Penetapan program prioritas berorientasi pada: pemenuhan hak-hak dasar masyarakat dan pencapaian keadilan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Berikut kami lampirkan Dokumen RKPD Tahun 2018 yang dapat didownload 

Selengkapnya

RAPAT PERSIAPAN MUSRENBANG KABUPATEN TEGAL 2018

IMG-20180302-WA0002Jumat, 2 Maret 2018 dilaksanakan rapat persiapan Musrenbang Kabupaten Tegal 2018 di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal. Dihadiri oleh Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Ir. Suharmanto sebagai pimpinan rapat tersebut. Dengan para kepala bidang dan kasubid, seerta pejabat fungsional di Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal. 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Musrenbang diatur dalam Undang-Undang no. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk tingkat nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Perkembangan perencana...

Selengkapnya

EKSPOSE DRAFT AWAL LKPJ BUPATI TEGAL TAHUN 2017

 DSC_7246

Kamis, 1 Maret 2018 diselenggarakan ekspose draft awal LKPJ Bupati Tegal Tahun 2017 di Loka Bina Cipta Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal.  Dihadiri oleh PJS Bupati Tegal, Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM, sekretaris Kabupaten Tegal dr. Widodo Joko Mulyono,M.Kes, MM dan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Ir. Suharmanto. Dengan para peserta dari SKPD Kabupaten Tegal dan kepala bagian Sekretariat Kabupaten Tegal. Dalam sambutannya PJS Bupati Tegal mengajak para OPD Kabupaten Tegal untuk lebih mencermati output kegiatan dan outcome program. Pelaksanaan input atau serapan anggaran seharusnya telah menjadi sesuatu yang otomatis diketahui dan dilaksanakan.  Maksud dan tujuan terselenggaranya Ekspose Draft Awal LKPJ Bupati Tegal Tahun 2017 sebagai berikut :

  1. Memberikan gamba...
Selengkapnya

SOSIALISASI KRENOVA, INSENTIF PENELITIAN DAN BEASISWA TAHUN 2018

DSC_0075

Kamis, 1 Maret 2018 dilaksanakan sosialisasi kegitan KRENOVA, Insentif Penelitian, dan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Tahun 2018 di Gedung Dadali Pemda Kabupaten Tegal. Dihadiri oleh seluruh guru Karya Tulis Ilmiah dari berabgai SMP, SMA/SMK di Kabupaten Tegal serta para dosen dari Perguruan Tinggi. Dalam kesempatan ini, sosialisasi disampaikan oleh Kepala Bidang Kelitbangan dan Pengelolaan Data Fani Mohammad Dwiat, SE yang dipandu oleh Kasubid Kelitbangan, Inovasi dan Pengembangan IPTEK Samsudin, SE, MM. Para peserta cukup antusias untuk lebih mengenal kegiatan KRENOVA,, insentif penelitian, dan beasiswa mahasiswa berprestasi. Selain pemaparan penjelasan mengenai persyaratan, dan ketentuan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta...

Selengkapnya

FORUM OPD BAPPEDA DAN LITBANG KABUPATEN TEGAL

IMG-20180301-WA0006

Rabu, 27 Februari 2018 telah diselenggarakan rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal di Loka Bina Cipta Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal. Dihadiri oleh Muchtar Mawardi, SKM, M.Kes selaku Sekretaris Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal dan para Kepala Bidang-bidang Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal. Serta dihadiri pula dari unsur masyarakat seperti TKSK, PKH, Difabel, fasil PDPM, Perguruan Tinggi, dan Klaster di Kabupaten Tegal menyepakati usulan program dan kegiatan untuk RKPD 2019. RKPD (Rancangan Kerja Perangkat Daerah) sendiri merupakan dokumen perencanaan daerah untuk  periode 1 tahun. RKPD disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara: 1. perencanaan,  2. penganggaran, 3. pelaksanaan, dan 4. pengawasan...

Selengkapnya

PROGRAM INTERNASIONAL IPB GOES TO FIELD 2018 DI KABUPATEN TEGAL

DSC_7219

Penerimaan Mahasiswa IPB dan Mahasiswa Jepang yang tergabung dalam SUIJI (Six University Initiative Japan Indonesia) dilaksanakan pada hari Senin, 26 Februari 2018 di Gedung Dadali Pemda Kabupaten Tegal. Program ini berlangsung mulai tanggal 26 Februari 2018 s.d. 12 Maret 2018 di beberapa desa di Kecamatan Bojong diantaranya Desa Bojong, Desa Karangmulya, Desa Tuwel dan Desa Suniarsih yang diikuti oleh 15 Mahasiswa IPB dan Mahasiswa Jepang. 

DSC_7212

Dalam Penerimaan IGTF tersebut dihadiri pula oleh Perwakilan LPPM IPB Bogor Ir. Yannevri Bakhtiar,M.Si, PJS Bupati Tegal Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM dan  Ir. Suharmanto Kepala BAPPEDA dan LITBANG Kabupaten Tegal,   Para Kepala Desa.

SUIJI-Service Learning Program (SUIJI-SLP) adalah salah satu program yang mengajak mahasiswa untuk...

Selengkapnya

Sistematika penulisan proposal krenova 2018

Proposal atau profil temuan/inovasi ditulis dalam ketentuan sebagai berikut :

  1. Ditulis maksimal 20 halaman.
  2. Kertas A4.
  3. Huruf Tahoma Ukuran 12.
  4. Terlampir gambar teknis sesuai kebutuhan.
  • Judul
  • Abstrak/Ringkasan Eksekutif
  • Latar Belakang
  • Makud dan Tujuan
  • Manfaat
  • Spesifikasi Teknik
  • Keunggulan dan perbedaan bila dibandingkan dengan penemuan sebelumnya yang sejenis.
  • Penerapan pada masyarakat dan dunia industri
  • Perhitungan biaya produksi temuan/inovasi
  • Prospek bisnis/komersialisasi
Selengkapnya